5 Tips Persiapan Sebelum Memulai Blog


5 Tips Persiapan Sebelum Memulai Blog

Baiklah Kali ini kita akan membahas apa saja sih yang harus dipersiapkan sebelum memulai blog..


Untuk kamu para Blogger Pemula pasti ada yang berminat dan membangun sebuah Blog Namun masih bingung apa saja sih Persiapan sebelum memulai Blog.
Mungkin ada yang bertanya-tanya ini mau ngapain sih ?
Mulai darimana dulu ?
Memang dalam Membangun Sebuah Blog ataupun melakukan Sesuatu pasti kita harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang agar apa yang kita rencanakan dapat berjalan dengan baik setidaknya tidak salah dalam melakukannya.
Oke langsung saja kita ke Topik pembahasannya,Apa saja sih yang harus dipersiapkan sebelum memulai Blogging ?



  • Mantapkan Tujuan
    Inilah yang harus Pertama kali dipersiapkan para blogger pemula sebelum memulai blog karena ini Pokok Utama dalam membangun sebuah blog,Kalau kamu Memulai Blog tanpa tujuan itu sama saja ibarat Berjalan Tanpa Kaki.
    Dalam Memantapkan Tujuan Kamu harus tau dulu Blog yang akan kamu bangun itu mau dibawa ke arah mana,Kamu NgeBlog untuk apa ?
    karena banyak sekali tujuan tiap orang untuk memulai blog ada yang untuk Berlatih menulis,Membuat Dokumentasi,ada juga yang membuat Blog hanya sebagai Hiburan,bahkan ada yang membuat blog sebagai Penambah Penghasilan,Setiap Orang pasti Berbeda-beda.
    nah karena dari itu kamu harus memantapkan tujuan mu sebelum memulai blog agar suatu saat kalau kamu malas atau Jenuh untuk ngeBlog kamu akan teringat tujuanmu dan akan Terdorong semangat mu untuk tetap NgeBlog dan Konsisten Untuk mempertahankan Blogmu.


  • Persiapkan Niche atau Tema Blog
    Mempersiapkan Niche/Tema adalah bagian terpenting dalam membangun sebuah Blog.
    Sebelum Memilih Platform dan Memibuat Blog inilah selanjutnya yang harus kamu pikirkan matang matang dengan menentukan Tema kamu akan bisa membawa blog kamu ke arah yang mana,Karena Banyak Sekali Tipe atau jenis Blog yang ada di internet Contohnya Blog Politik,Blog Teknologi,Blog Panduan(Tutorial),Blog Hiburan dan masih banyak lagi.
    jadi dengan menentukan Tema Blog kamu Blog kamu akan mudah Dikenal Para pembaca misalnya,Blog kamu membahas Tata Boga jadi kamu harus Fokus menulis Semua yang Berkaitan dengan Masak-Memasak Jadi Blog Kamu akan dicari Pembaca Ketika Mereka membutuhkan Informasi Mengenai Masak-memasak,dan juga supaya blog kamu nanti nya bisa menjadi blog yang berkualitas dan tidak menjadi Blog Pecel Lele(Semua dicampur aduk) kalau Blog kamu tidak memiliki Tema dan Menjadi Blog Pecel lele maka pembaca akan malas kembali untuk melihat Blog kamu dan mudah untuk ditinggalkan


  • Pilihlah Platform yang Mudah
    Kalau kamu sudah Memantapkan Tujuan,hal yang harus kamu Persiapkan Selanjutnya adalah Pilihlah Platform yang mudah di gunakan,Platform yang aku maksud disini adalah forum/media penyedia blog yang bisa kamu gunakan.
    Sebenarnya banyak media yang menyadiakan fasilitas untuk memulai blog,namun Platform Penyedia Blog yang paling Populer ada 2 yaitu Blogger dan Wordpress Platform ini juga menurut aku Lumayan mudah digunakan untuk para pemula.

    .
  • Persiapkan Artikel Tahap selanjutnya adalah mempersiapkan artikel, di tahap ini kamu harus rajin Membaca dan Menulis.Buatlah artikel yang bisa membantu meyelesaikan masalah para pembaca seperti membuat artikel Tutorial,tapi jangan sampai keluar dari niche Blog kamu.disinilah Jiwa Kreatif kamu Diuji,Kamu Harus mampu membuat Artikel yang bisa menarik minat para pembaca serta membuat penasaran para pembaca untuk selalu berkunjung dan kembali lagi ke Blog kamu,saya sarankan kamu harus memiliki ciri khas tersendiri dalam menulis artikel dan beda dengan blog orang lain sehingga para pembaca akan selalu mengingat blog kamu.
  • Jadilah Penulis yang Produktif
    Menjadi penulis yang Produktif yang aku maksud kamu harus bisa menguasai niche yang sedang populer agar Blog kamu selalu mengikuti perkembangan Informasi jangan memposting yang itu-itu aja agar pembaca tidak mudah bosan,Gunakanlah media Sosial untuk Meningkatkan Kualitas Menulis dan Membaca kamu dan selalu update informasi Terbaru dan buatlah artikel yang berkualitas.tapi ingat kamu harus selalu konsisten dengan niche blog yang kamu miliki agar Kualitas Blog kamu selalu terjaga.
    satu lagi sering seringlah memposting artikel,gunakan strategi dalam Memposting Artikel usahakan kamu mempostingnya minimal 2-3kali dalam seminggu(setiap hari juga lebih bagus) kalau bisa tentukan hari nya dan selalu konsisten supaya para Pembaca dapat mengetahui dan bahkan menunggu-nunggu artikel baru dari Blog kamu.
    Tapi ingat jangan mencoba hasil Copy-Paste karena akan memberikan Reputasi buruk pada Blog kamu.


Baca Juga:Bagaimana Cara menghasilkan Uang dari Blog
Jadi Kesimpulannya Tips Gampang Memulai Blog Ada 5 Yaitu;
Mantapkan Tujuan,Persiapkan Niche Blog,Pilih Platform yang mudah digunakan,Persiapkan artikel dan Menjadi Penulis yang Produktif,Namun Dibalik itu Semua Berdoalah Kepada Yang Maha Kuasa agar diberikanNYA Kelancaran dalam Melakukan Sesuatu.

Baiklah Itulah Beberapa Tips dari Saya Semoga dapat bermanfaat dan Membantu Kamu dalam membangun Sebuah Blog.
Terima Kasih
Salam Blogger !!!


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Tips Persiapan Sebelum Memulai Blog"

Posting Komentar