Menambah Penghasilan dengan Menjadi Freelancer



Menambah penghasilan dengan menjadi Freelancer memang sangat tren di masa yang serba Internet ini karena seseorang  bisa bebas memilih bekerja dengan kemampuan yang dimiliki,bekerja dimana saja dan kapan saja.

Passive Income ,Freelance

Mungkin kamu sudah sering mendengar kata kata Freelance / Freelancer atau mungkin ada yang belum pernah mendengar dan mengerti apa sih sebenarnya freelance ini.
Kali ini Bahas Blog dan Bisnis akan membahas mengenai Menambah Penghasilan dengan menjadi Freelancer.

Apa Itu Freelance / Freelancer ?
Freelance adalah pekerjaan paruh waktu atau pekerjaan lepasatau Istilah yang biasa digunakan untuk orang yang bekerja sendiri dan tidak harus berkomitmen dan memiliki keterikatan untuk jangka panjang kepada Perusahaan, owner atau pemilik bisnis tertentu,Freelance dapat bekerja dimana saja,kapan saja dengan kemampuan yang dimiliki untuk menyelesaikan pekerjaan yang diberikan Client dengan batas atau tenggat waktu tertentu dan biasanya waktu yang diberikan cukup singkat.
orang yang melakukan pekerjaan Freelance disebut Freelancer.




Apa saja jenis pekerjaan Seorang Freelancer ?
Freelancer adalah mereka yang menerima Pekerjaan –pekerjaan atau tugas dari seseorang yang hanya terikat oleh perjanjian Lisan atau Kontrak Tertulis dari Klien untuk menyelesaikan satu tugas tertentu dan tugas itu seperti  Desain Grafis, Penterjemah, Program  Komputer,Menulis ,Fotografi,  Editing ,musik dan masih banyak lagi.
Apa Syarat untuk Menjadi Freelancer ?

Untuk menjadi seorang Freelancer tidak membutuhkan syarat Khusus seperti melamar pekerjaan disebuah Perusahaan.
Berikut beberapa syarat untuk menjadi seorang Freelancer.




1.Mengerti Dunia Internet
Untuk menjadi seorang Freelancer kita harus paham dan mengerti dengan dunia internet seperti mengirim dan menerima E-mail karena biasanya mereka yang membutuhkan tenaga Freelancer menawarkan tugas tugas melalui internet seperti di website dan Forum Diskusi.


2.Komitmen
Untuk menjadi seorang freelancer kamu harus bisa berkomitmen dan disiplin waktu dalam menyelesaikan tugas tugas yang telah diberikan client kepada kamu karena biasanya jika kamu gagal dan memberikan hasil yang kurang memuaskan kepada clien mereka tidak akan memberikan lagi proyek kepada seorang Freelancer


3.Memiliki Keahlian.

Untuk menjadi seorang Freelancer yang sukses kamu minimal memiliki salah satu kemampuan seperti jenis jenis pekerjaan yang telah kita bahas diatas tadi seperti Mengedit  Foto, Menterjemahkan, Menulis, Program Komputer,dan lain lain.
Dimana kita bisa mendaftar untuk menjadi seorang freelancer ?
Untuk Menjadi Seorang Freelancer kamu bisa mendaftarkan diri kamu di situs situs internet yang menyediakan Wadah antara Client dan Freelancer .
Untuk situs populer berbahasa inggris ada Guru.com, ScriptLance, Elance dan untuk situs lokal Indonesa kamu bisa mengaksesnya di  Freelancer Indonesia, Sribulancer, Project.co.id,Goban dan masih banyak Lagi.





Bagaimana cara bekerja menjadi seorang freelancer ?

Berikut beberapa langkah yang harus kamu lakukan untuk menjadi Freelancer
1.Mendaftar jadi Freelancer di Website
Seperti yang sudah kita bahas diatas tadi ada banyak situs di Internet yang menyediakan wadah antara Client dan Freelancer,Langkah pertama adalah mendaftar jadi Freelancer di Situs tersebut kamu bisa mencobanya dahulu di Website Lokal seperti Sribulancer, Project.co.id dan yang lainnya.kamu bisa mendaftar di satu website atau bahkan semuanya untuk lebih memudahkan mendapatkan Proyek.

2.Membuat Profil diri dan Portofolio
Yang kedua buatlah Profl diri kamu semenarik mungkin dan apa saja keahlian yang kamu miliki dan jangan lupa membuat sebuah Portofolio tentang pembuktian keahlian kamu dalam mengerjakan sebuah Proyek misalnya,Editing Foto tunjukkan karya yang telah kamu buat dalam mengedit Foto Buat lah sebanyak mungkin agar Client tertarik dan percaya memberikan proyek nya kepada kamu.


3.Aktif dalam mengikuti lelang Proyek
Untuk kamu yang pemula ada baiknya kamu aktif dalam mengikuti lelang di situs yang kamu daftar jangan menunggu pemberitahuan dari situs tersebut karena itu tidak efektif.
Kamu harus cepat dan lincah untuk memasukkan penawaran yang sesuai dengan keahlian yang kamu miliki terutama untuk proyek proyek yang mudah dan sederhana, dan pastikan kamu mengerti apa yang diinginkan Client dalam proyeknya tersebut.





4.Selesaikan, Tunjukkan Keahlian mu
Nah kalau kamu sudah memenangkan lelang dan mendapatkan proyek segeralah kerjakan dan buatlah Sebagus mungkin jangan sampai Client kecewa melainkan buatlah Client puas dengan hasil kerja yang kamu berikan supaya mereka akan selalu menawarkan kamu proyek selanjutnya.
Nah Tertarik untuk menjadi Freelancer ?



Mulailah sekarang jangan menunggu waktu dan selalu lah berusaha seperti Pepatah “Banyak jalan menuju Roma” Begitu juga dalam hal menambah penghasilan asalkan kamu mau Mencoba dan tekun dalam mengerjakan sesuatu tidak ada Kata Terlambat.

Baiklah Sekian dahulu pembahasan kita mengenai menambah penghasilan dengan menjadi Freelancer semoga bisa menjadi solusi dari permasalahan Kamu dan menambah wawasan.
“Tidak ada kata Gagal jika kamu Terus Belajar dan Pantang Menyerah”
Salam Sukses Bahas Blog dan Bisnis.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Menambah Penghasilan dengan Menjadi Freelancer"

Posting Komentar